Pengelolaan SDM

Salah satu aspek penting yang mendapatkan perhatian khusus dalam upaya mewujudkan tujuan perusahaan adalah proses pengelolaan Sumber Daya Manusia, dimulai dari perencanaan kebutuhan pegawai, rekrutmen, mutasi, demosi, peningkatan kompetensi, sampai dengan pemberhentian.

Untuk itu, Direksi telah menetapkan kebijakan pengelolaan, pengendalian dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia dengan menetapkan struktur organisasi, peraturan, standar, prosedur, maupun ketentuan, yang mengatur hubungan dan peranan setiap sumber daya yang dimiliki oleh pegawai secara efisien dan efektif.

Kebijakan tersebut didasari konsep pemikiran pemberdayaan sumber daya yang humanis, sehingga dapat digunakan secara maksimal agar tujuan semua stakeholders dapat tercapai.

Pada tahun 2014 jumlah pegawai PDAM Kabupaten Malang berjumlah 514 orang dan jumlah pelanggan mencapai 91.098 SR, sehingga angka perbandingan pegawai PDAM Kabupaten Malang dengan jumlah pelanggan mencapai 5,90 : 1000. Saat ini, jumlah pegawai berjumlah 494 orang, dan jumlah pelanggan telah mencapai 119.656 SR, sehingga rasio angka perbandingan pegawai PDAM Kabupaten Malang dengan jumlah pelanggan mencapai 4,1 : 1000. Berdasarkan standar kinerja dari BPPSPAM, rasio ini merupakan rasio pegawai dengan nilai kinerja tertinggi.