SDM PDAM Kabupaten Malang

 

Salah satu aspek yang dikerjakan oleh Direksi PDAM Kabupaten Malang dalam upaya mewujudkan tujuan perusahaan adalah dengan mengelola aspek Sumber Daya Manusia, meliputi penetapan kebijakan dan praktek menentukan aspek “manusia” atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen.
Bagian Sumber Daya Manusia PDAM Kabupaten Malang berupaya untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas serta derajat profesionalisme penyelenggaraan tugas, fungsi, dan kewajiban kepegawaian melalui sistem pengelolaan SDM, terdiri dari perencanaan, pengadaan, pengembangan kualitas, penempatan, promosi, penggajian, kesejahteraan, dan pemberhentian.

Prosesi Kenaikan Pangkat

Ruang lingkup pengelolaan sumber daya manusia meliputi semua aktivitas yang berhubungan dengan sumber daya manusia dalam perusahaan. Dengan kata lain, bahwa tujuan manajemen sumber daya manusia di PDAM Kabupaten Malang secara umum adalah untuk memastikan bahwa PDAM mampu “mencapai keberhasilan dalam merealisasikan visi misi melalui pegawainya”.

 

Sebagai pedoman, Direksi menetapkan kebijakan mencakup penetapan norma, standar, prosedur, formasi pegawai, pengangkatan, pengembangan kualitas sumber daya manusia, mutasi, pemberhentian, serta hak dan kewajiban, yang mengatur hubungan dan peranan setiap sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif, yang didasari pada suatu konsep bahwa setiap pegawai adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis, namun dapat digunakan secara maksimal sehingga tujuan semua stakeholders dapat tercapai.
Gambaran langkah langkah Pengelolaan SDM
 

1. Perencanaan SDM
2. Rekrutmen
3. Pengembangan Kualitas
4. Penempatan
5. Promosi

6. Penggajian

7. Kesejahteraan

8. Pemberhentian

 


Last Update:18-02-2011 07:58