Berita Terkini

PDAM Kabupaten Malang ikuti Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi LAPOR!-SP4N Kabupaten Malang, bertempat di eL- Hotel Karangploso
04-11-2017 09:19

Dalam rangka pengelolaan dan pengaduan pelayanan public yang sederhana, cepat, tuntas dan terkoordinasi perlu dibentuk Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sitem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang

Bahwa dalam rangka pengelolaan dan pengaduan pelayanan public yang sederhana, cepat, tuntas dan terkoordinasi dan untuk melaksanakan Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pengintegrasian Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional Bagi Pemerintah Daerah Ke Dalam Aplikasi LAPOR!-SP4N, dan berdasarkan lampiran Surat Keputusan Bupati Malang Nomor : 188.45/558/KEP/35.07.013/2017 tentang Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang perlu dibentuk Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Sitem Pengelolaan Pengaduan Pelayanana Publik Nasional (SP4N) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2017.

Acara dibuka oleh Sekreatris Daerah Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Mulyono MT. Diperlukan akses yang seluas luasnya, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi aktif.

Menurut Sekda “Diperlukan akses yang seluas luasnya, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi aktif. Sekarang ini semua berbasis online. Kegiatan ini sangat penting. Pengaduan masyarakat ada batas waktu untuk diselesaikan. Program yang masih baru dan ter-update, untuk itu perlu diketahui oleh pejabat penghubung.” Tambah Sekda Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Drs. Nazarudin Hasan T, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Malang adalah salah satu role model Pemerintah Daerah di Indonesia untuk penyelenggaraan Aplikasi LAPOR!-SP4N

Acara dihadiri oleh Dwiyogo P Sudiarto, SE.MBA. Sekretaris Kedeputihan Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Kabupaten Malang merupakan salah satu role model Pemerintah Daerah di Indonesia, terang Dwiyogo. Image Terhadap Pelayanan Publik saat ini cenderung mengalami kebaikan. Indonesia sudah lebih baik.

SP4N adalah sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik. SP4N dibentuk untuk mendorong “ no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun disalurkan kepada penyelanggara pelayanan publik yang berwenang, terang Dwiyogo lebih lanjut.