Berita Terkini

Pengelolaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)
13-10-2017 10:33

Pembangunan Infrastruktur sarana sanitasi merupakan salah satu elemen pembangunan yang menjadi perhatian nasional dan internasional.

Pembangunan Sanitasi di Indonesia telah ditetapkan dalam misi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional ( RPJMPN ) tahun 2010 - 2025 Pemerintah Indonesia. Berbagai langkah terhadap implementasi Program Nasional tersebut telah ditetapkan pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional ( RPJMN ) tahun 2010 - 2014 yang difokuskan pada Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman ( PPSP ).

 

Sebagai wujud komitmen yang tinggi untuk pembangunan sektor sanitasi lokal dan penyediaan layanan sanitasi yang semakin baik di daerah, Pemerintah Pusat telah menyiapkan bantuan teknis kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Disamping hal tersebut, Pemerintah Pusat telah mendukung dan mendorong Pemerintah Daerah untuk menyusun perencanaan pembangunan sanitasi yang komprehensif, perkoordianasi dan terencana untuk wilayah perkotaan dengan prioritas yang terukur, tanggap kebutuhan, berdasarkan kondisi aktual dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan daerah.

 

Salah satu aspek penting yang menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat adalah sanitasi, karena sanitasi berhubungan langsung dengan masalah kesehatan, kondisi lingkungan pemukiman, pola hidup masyarakat dan kenyamanan dalam kehidupan sehari - hari, sehingga dalam pembangunan suatu daerah kabupaten/kota sanitasi sangat diprioritaskan dan diperhatikan. Sampai saat ini masih banyak dijumpai aspek-aspek pembangunan sanitasi dari pengelolaan air limbah cair, pengelolaan persampahan pengelolaan persampahan pengelolaan drainase serta penyediaan air bersih masih berjalan sendiri-sendiri dan belum terintegrasi dengan baik.

 

Dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan tersebut maka perlu gerakan yang menyeluruh dan jangka menengah salah satunya melalui agenda global Millenium Development Goals ( MDGs ). Pembangunan sanitasi termasuk salah satu sasaran MDGs yaitu memastikan kelestarian lingkungan hidup melalui penurunan separuh proporsi penduduk tanpa akses terhadap air minum layak dan sanitasi layak.

 

PDAM Kabupaten Malang selalu berkomitmen tinggi untuk pembangunan sektor sanitasi berupa penyediaan air bersih yang semakin baik di Kabupaten Malang.